Kamis, 30 Juli 2009

Membat VB


ersi trial adalah program yang hanya dapat digunakan selama batas waktu tertentu sesuai dengan keinginan si pembuat program. Setelah melewati batas waktu, maka program tidak dapat digunakan lagi. Apabila pengguna sudah terlanjur menyukai program tersebut dan ingin menggunakannya lagi, maka pengguna harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pembuat program (misal: membeli).

Jadi, program versi trial ini bisa dipakai sebagai sarana mempromosikan suatu program yang sudah atau akan dibuat. Sebagai seorang programmer Visual Basic, rasanya penting bagi anda untuk dapat membuat program-program versi trial jika anda berniat untuk menjual program tersebut, ataupun untuk keperluan yang lain. Dengan mempelajari tip berikut ini, anda akan mampu membuat program-program versi trial.

Perlu diketahui, bahwa selain memiliki fungsi-fungsi api, visual basic juga memiliki fungsi-fungsi registry. Untuk membuat program trial ini, diperlukan fungsi-fungsi sebagai berikut :

GetSetting
GetAllSetting
SaveSetting
DeleteSetting

untuk membuat program trial version, fungsi registry yang akan dipakai adalah fungsi GetSetting dan SaveSetting. Berikut adalaha langkah pembuatannya :
1.Letakkan 2 buah label pada Form
Label-label tersebut akan digunakan untuk memberitahukan kepada pengguna, berapa kali program sudah dipakai dan sisa pemakaian.

2.Buka jendela kode, dan ketikkan kode berikut :

Private Sub Form_Load()
Dim x
Dim y
Dim jumlah
Dim sisa

MsgBox “Program ini hanya dapat dipakai 10 kali”

x = GetSetting(“Y”,”Y”,”Y”)
jumlah = Val(x) + 1
SaveSetting “Y”,”Y”,”Y”

Label1.Caption = “Program ini sudah dipakai sebanyak ” & jumlah & “ kali”
sisa = 10 -jumlah
Label2.Caption = “Sisa Pemakaian ” & sisa & “ kali”

if jumlah > 10 then
msgbox “Batas waktu pemakaian telah habis” & vbcrlf & _
“Silahkan register ke http://www.klerekcs.co.nr untuk membeli”
End
End If
End Sub

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles